Minggu, 05 Desember 2010

PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGRASI MASYARAKAT

     Setiap manusia tentu memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Oleh sebab itu dalam waktu yang bersamaan, masing-masing manusia itu memiliki kepentingan masing-masing.Prasangka diskriminatif yaitu pengucilan dan pelecehan yang didasarkan perbedaab agama, suku,ras, etnik, sosial budaya yang berakibat pada penggunaan hal asasi manusia. Sedangkan othosentris merupakan konsekuensi dari identitas etnis. Masyarakat Indonesia terdiri dari suku, bangsa dan golongan sosial yang berbeda namun tetap satu kesatuan nasional yang berwujudkan negara Indonesia. Integrasi nasional berasal dari dua kata yaitu integrasi yang berarti pmbaruan sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Dan nasional yang berarti kebangsaan yang meliputi cita-cita nasional.


Golongan-Golongan yang Berbeda dan Integrasi Sosial

Masyarakat Indonesia terdiri dari macam-macam suku bangsa serta golongan sosial yang dipersatukan oleh kesatuan nasional yang berwujudkan Negara Indonesia.
Adapun hal-hal yang dapat menjadi penghambat dalam integrasi : 
- Tuntutan penguasaan atas wilayah-wilayah yang dianggap sebagai miliknya.
- Isu asli tidak asli, berkaitan dengan perbedaan kehidupan ekonomi antar warga negara Indonesia asli dengan keturunan (Tionghoa,arab). 

- Agama, dapat digunakan untuk mempersatukan perbedaan kesukuan.

0 komentar:

Posting Komentar