Jumat, 28 Desember 2012

PROPOSAL PENULISAN ILMIAH


BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang Masalah
Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan manusia semakin meningkat dan perkembangan teknologi semakin lama semakin pesat. Semua orang ingin melalukan aktifitasnya dengan cepat tanpa ada satu halpun yang terlewatkan dari semua aktifitasnya.
Hal itu membuat manusia berpikir bagaimana caranya untuk terus berkembang dan menciptakan inovasi baru untuk mempermudah semua aktifitas, salah satu inovasi tersebut diantaranya internet. Saat ini, hampir semua aktifitas menggunakan internet, dengan menggunakan internet semua hal akan lebih mudah dan efisien. Semua kalangan menggunakkan internet mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, baik laki-laki maupun wanita.
Internet tidak hanya sebagai media untuk bersosialisasi dan mencari informasi, saat ini internet dimanfaatkan oleh para wirausaha untuk menawarkan dagangannya baik barang maupun jasa secara online atau sering disebut dengan e-commerce. Untuk mempermudah bertransaksi dalam internet maka digunakanlah shopping cart.

1.2   Identifikasi Masalah
Belum terbiasanya orang orang menggunakan media internet untuk berbelanja secara online. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah keterbatasan wawasan mengenai internet atau lebih sering disebut dengan gaptek. Pada web ini akan membahas bagaimana cara berbelanja menggunakan shopping cart.

1.3   Rumusan Masalah
Berdasarkan  latar belakang masalah dapat diperoleh rumusan masalah yaitu :
a.  Pengertian Shopping Cart.
b.  Ciri-ciri Shopping Cart.
c.  Berbelanja dengan menggunakkan Shopping Cart.
d.  Kelebihan berbelanja menggunakan Shopping Cart
e.  Kelebihan dan kekurangan berbelaja online.

1.4   Tujuan
Tujuan dari penulisan tugas ini adalah untuk mengembangkan kreativitas dan wawasan penulis, serta untuk mengenal website Shopping Cart agar mempermudah pemasaran dan mempermudah konsumen untuk memesan barang yang diinginkan secara online.

1.5   Manfaat Penulisan ilmiah
Manfaat dari penulisan ilmiah ini adalah, orang orang yang pada awalnya tidak suka berbelanja online dengan alasan ribet, menjadi suka berbelanja online karena pada penulisan ilmiah ini terdapat tata cara bagaimana berbelanja online.


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1   Pengertian Shopping Cart
Shopping cart adalah sebuah keranjang belanja maya (virtual) yang memperkenankan pembeli untuk memilih beberapa item dalam sebuah toko pada web dan kemudian memasukkannya kedalam keranjang tersebut.
Setelah selesai berbelanja di toko, pembeli dapat memeriksa barang yang ada pada keranjang yang biasanya tampak sebagi sebuah daftar yang menyertakan harga dan jumlah barangnya.
Jika pembeli telah selesai memilihnya, dan kemudian ingin mengganti sebuah item yang telah dipilih dengan item lain, maka keranjang maya akan dengan mudah diberi tanda cek dan hanya mengklik button delete sehingga tanda cek akan terhapus. Proses selanjutnya adalah membayar form pembayaran online untuk membeli item-item yang telah dipilih. Penggunaan shopping cart terdapat dalam situs yang menampilkan logo shopping cart.

2.2   Ciri-ciri Shopping Cart
a.  Katalog online yang dipisah-pisahkan berdasarkan kategori agar dapat browsing dengan mudah.
b.  Web control panel yang memperbolehkan anda untuk memasukkan, mengoreksi, menghapus item-item yang terdapat dalam katalog dan melakukan koreksi terhadap katalog. Juga melakukan perubahan terhadap e-mail yang anda terima dari customer anda dan perubahan terhadap halaman shopping cart tersebut. Bahkan melakukan kalkulasi biaya.
c.  Seorang customer dapat mencari katalog dengan menggunakan kata kunci yang spesifik.
d.  Pada halaman katalog terdapat gambar dari masing-masing produk yang ditawarkan (jika ingin ditambahkan).
e.  Informasi kredit card yang diterima melalui jaringan yang diterima melalui server yang aman (software socket layer / SSL).
f.   Smartstore shopping cart membuat tiap-tiap katalog yang ditampilkan pada halaman tampak dinamis. Dan juga dapat dikonfigurasikan untuk link dengan shopping cart sejenis.

2.3   Berbelanja dengan menggunakkan Shopping Cart
Metode berbelanja dengan menggunakan Shopping Chart memudahkan pembeli untuk melakukan aktivitas berbelanja di dunia maya (internet). Berikut ini adalah contoh cara berbelanja di sebuah website www.multiply.com
1.  Cari barang yang Anda inginkan di Marketplace/Pasar, atau kunjungi toko online-nya langsung jika Anda sudah mengetahui alamat/user id-nya.

 

2.  Ketika Anda tertarik dengan suatu produk, Anda akan melihat tombol “Beli Sekarang” atau "Tanya Penjual”.

   

3.  Setelah Anda klik tombol Beli Sekarang atau Tanya Penjual, Anda akan dibawa ke halaman Keranjang Belanja. Jika sudah memasukkan produk ke Keranjang Belanja, Anda diberikan dua tombol pilihan apakah ingin Lanjutkan Belanja atau Selesai Belanja dan membayar.


2.4   Kelebihan Berbelanja Menggunakan Shopping Cart
a.  Mudah mengatur produk dalam jumlah yang besar.
b.  Pembeli lebih nyaman memilih produk yang dijual menggunakan media internet.
c.  Anda akan terlihat sebagai orang yang professional dalam mennjual produk di internet.
d.  Akan meningkatkan penjualan, karena cara pembelian yang sangatlah mudah
e.  Bebas untuk menjual apa saja di dalam online shop anda.
f.   Pembeli dapat melihat testimoni dan rating orang lain yang telah mebeli produk di online shop tersebut.
g.  Stok barang mudah dipantau

2.5   Kelebihan dan Kekurangan Berbelaja Online
Kelebihan berbelanja online:
a.  Tidak ada keterikatan waktu dan tempat, terutama bagi anda orang yang sibuk sehingga tidak sempat berbelanja dengan mendatangi ke toko.
b.  Banyak pilihan toko online yang menyediakan ragam produk yang anda inginkan.
c.  Menghemat waktu dan tenaga, anda tidak perlu berkeliling mal atau toko, anda cukup meluangkan waktu sebentar dengan membuka internet dan tentu saja anda akan terhindar dari kemacetan jalan raya.
d.  Anda dapat membandingkan produk dan harga dengan toko online lainnya, sehingga lebih banyak pilihan.
e.  Proses belanja yang mudah, cukup memesan barang, dan pembayaran biasanya dapat melalui internet/mobile banking atau ATM dan tinggal menunggu barang dikirim.

Kekurangan berbelanja online :
a.  Sering terjadi penipuan barang tidak dikirim setelah dilakukan pembayaran.
b.  Fisik dan kualitas barang tidak sesuai dengan yang diharapkan, karena kita hanya dapat melihat melalui foto yang ada di website.
c.  Dikenakan biaya transportasi, sehingga ada biaya tambahan.
d.  Tidak dapat melihat dan mencoba secara barang yang dipesan.
e.  Butuh waktu agar barang sampai ditempat anda karena proses pengiriman.


BAB III
PENUTUP

3.1.  Kesimpulan
Shopping cart adalah sebuah keranjang belanja maya (virtual) yang memperkenankan pembeli untuk memilih beberapa item dalam sebuah toko pada web dan kemudian memasukkannya kedalam keranjang tersebut.
     Dalam berbelanja online memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus kita pertimbangkan agar kita mendapatkan kepuasan dalam berbelanja.

3.2.  Saran
Agar kita dapat dengan mudah mempelajari mengenai Shopping Chart sebaiknyakita  memperbanyak pemahaman tentang Shopping Chart, mengaplikasikan keahlian sebagai tambahan ilmu dalam praktek pendidikan yang di jalani, pembahasan ini menjadikan individu  tahu akan pengetahuan belajar tentang Shopping Cart.


DAFTAR PUSTAKA