Rabu, 03 Juli 2013

Cara Membuat Table, Menambah Data, Mengupdate Data, Menghapus Data Pada Oracle

-          Sebelum memulai program kita harus menginput Connect System dan Password.
-          Perintah create table mahasiswa(npm varchar(8) primary key not null, nama char (20), kelas varchar(5); digunakan untuk membuat table mahasiswa dengan npm sebagai primary key bertipe varchar dengan panjang karakter 8 dan tidak boleh kosong, nama dengan tipe char panjang karakter 20, dan kelas bertipe varchar dengan panjang 5 karakter.
-          insert into mahasiswa values(‘12110879’, ‘fransiska yolanda’, ‘3ka07’); merupakan perintah untuk memasukkan data ke dalam table.


Untuk menampilkan table yang telah kita buat menggunakan perintah select *from mahasiswa;


-          alter table mahasiswa add jurusan varchar (28); merupakan perintah untuk menambahkan kolom baru dengan nama jurusan tipe varchar dan panjang karakter 28.
-          update mahasiswa set jurusan = ‘sistem informasi’; perintah untuk mengupdate atau mengisi kata sistem informasi di setiap baris pada kolom jurusan.

-          Update mahasiswa set nama =’anggia herdiana’ where nama=’ danu permadi’; , untuk mengganti nama danu permadi menjadi nama anggia herdiana.
-          Perintah select *from mahasiswa where npm like ‘_11%’; digunakan untuk menampilkan mahasiswa yang memiliki npm 11 pada digit ke 2.

-          Untuk mengahapus table menggunakan perintah  drop table mahasiswa;


0 komentar:

Posting Komentar