Senin, 15 November 2010

AGAMA DAN MASYARAKAT

     Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang agama dan masyarakat. Agama sangat berperan dalam bermasyarakat untuk terciptanya kehidupan yang baik berdasarkan norma yang berlaku. Adapun pengertian agama yaitu suatu kepercayaan manusia terhadap tuhan-Nya, sesuai dengan ajaran yang telah di tentukan dengan melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya., demi mendapatkan pahala dari tuhan-Nya. Ada berbagai macam agama yang kita kenal diantaranya Islam. Kristen (Protestan dan Khatolik), Hindu, Budha dan Konghucu. Agama berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa, suku dan budaya, contohnya negara Indonesia dengan Irak yang sebagian besar masyarakatnya beragama Islam. Ketika Irak diserang oleh Palestine, bangsa Indonesia turut membantu irak untuk menyelamatkan kaum muslim. Dengan adanya agama, Indonesia dengan Irak dapat memepererat tali persaudaraan. 

     Namun, konflik sering terjadi antara umat yang berbeda agama. oleh sebab itu agama memiliki dimensi komitmen, diantaranya:

a. Dimensi Keyakinan

b. Dimensi Ritual

c. Dimensi Konsekuensi

d. Dimensi Perasaan


Walaupun berbeda-beda agama namun kita harus tetap bersatu, saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Seperti kita ketahui konflik antar umat beragama sring terjadi, contohnya ada pembangunan gereja di sekitar pemukiman yang dominan beragama Islam. Seharusnya hal tersebut tidak boleh terjadi, karena pada dasarnya semua agama itu sama yaitu mengajarkan kebaikan. Namun, yang berbeda hanya cara beribadah  dan tuhan-Nya saja. Oleh sebab itu kita harus saling menghormati antar umat beragama.  

0 komentar:

Posting Komentar