Sabtu, 28 April 2012

RUANG LINGKUP EKONOMI

Ekonomi merupakan ilmu pada bidang sosial yang menyangkut tentang kehidupan manusia yang berkaitan dengan produksi, distribusi dan konsumsi.

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan yang berbeda beda untuk kebutuhan hidupnya. Karena banyaknya kebutuhan manusia sehingga muncul masalah ekonomi. Masalah ekonomi diantaranya
-     What yaitu menyangkut barang apa yang akan diproduksi, agar barang yang diproduksinya dapat diminati masyarakat dan memperoleh keuntungan yang banyak.
-   How yaitu berkaitan tentang bagaimana cara memproduksinya agar barang yang dihasilkan efisien.
-     Who menyangkut siapa yang akan mengkonsumsi. Hal ini harus dipikirkan sebelum memproduksi suatu barang atau jasa agar barang yang diproduksi dapat dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat dan sesuai dengan kondisi keuangannya masing-masing.

Agar perekonomian dapat berjalan sesuai dengan keinginan, oleh sebab itu dibentuklah sistem ekonomi. Sistem ekonomi yaitu suatu sistem yang digunakan oleh suatu Negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya kepada individu ataupun onrganisasi pada Negara tersebut. Adapun macam- macam sistem ekonomi diantaranya sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi pasar, sistem ekonomi komando, dan sistem ekonomi campuran.

0 komentar:

Posting Komentar