Sabtu, 08 Juni 2013

RESENSI NOVEL 5 CM

Judul             : 5 CM
Penulis          : Donny Dhirgantoro
Penerbit       : PT.Grasindo
Terbit            : November 2007
Tebal             : 381 Halaman


SINOPSIS
Buku 5 cm ini menceritakan tentang persahabatan lima orang anak muda yang menjalin persahabatan selama tujuh tahun, mereka diantaranya  bernama Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta.

Mereka adalah sahabat yang kompak, memiliki obsesi dan impian masing-masing, mereka selalu pergi bersama dan ketemu setiap saat. Karena bosan bertemu setiap hari, akhirnya mereka menemukan titik jenuh dengan aktivitas yang selalu mereka lakukan bersama dan mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi selama tiga bulan.

Dalam masa “berpisah tersebut”, mereka tidak diperkenankan melakukan komunikasi dalam bentuk apapun. Dalam kurun 3 bulan tersebutlah, mereka ditempa dengan hal baru. Dengan rasa rindu yang saling menyilang. Tentang tokoh Riani yang mencintai salah satu sahabatnya zafran. Tentang Zafran yang merindui dinda adik Arial, sahabatnya sendiri. Tentang Genta yang memilih mengagumi Riani dengan diam.

Selama tiga bulan berpisah itulah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan ‘reuni’ mereka dengan mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru.

“Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kamu, cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa. percaya pada 5 centimeter di depan kening kamu” 

TOKOH DAN PENOKOHAN
1.      Arial adalah pria terganteng diantara mereka, serta bertubuh atletis.
2.      Riani adalah gadis berkacamata, cantik, cerdas dan mengutamakan prestasi.
3.      Zafran merupakan pria yang berbadan kurus, anak band, kocak, senang bersyair dan membuat puisi-puisi, hidupnya seperti kurang lengkap jika tidak bersyair selama sehari.
4.     Ian adalah tokoh yang gila bola, suka makan terutama indomie, dan penggemar artis Happy Salma.  
5.     Genta merupakan leader diantara sahabat sahabatnya. Genta adalah sosok yang baik, seorang aktivis kampus.

TEMA
Persahabatan lima anak muda yang mempunyai kekuatan, keajaiban, mimpi,  serta keyakinan.


LATAR BELAKANG

Tempat :
-          Stasiun kereta api Senen
-          Stasiun Lempuyungan, Yogyakarta
-          Ranu Pane
-          Ranu Kumbolo
-          Puncak Mahameru
Waktu : Pagi hingga malam
Suasana : Menyenangkan, mengharukan dan menegangkan

ALUR
Novel ini menggunakan alur maju mundur artinya dalam cerita terjadi flashback ke masa lalu dan kejadian yang akan datang.


AMANAT

Terimalah sahabat kita dengan apa adanya, baik kelebihannya maupun kekurangan yang ada pada diri sahabat kita. Karena tidak semua orang memiliki kelebihan semata. Kelebihan tersebut pasti selalu didampingi dengan kekurangan. Tinggal bagaimana cara kita sebagai teman untuk menutupi kelebihan dan kekurangan teman kita.

GAYA BAHASA
Bahasa yang digunakan dalam novel 5 centimeter adalah bahasa yang mengikuti perkembangan zaman sehingga mudah dimengerti oleh pembaca khususnya di kalangan remaja.

KELEBIHAN NOVEL
Dalam novel ini ceritanya sungguh menarik, serta menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembacanya. Selain itu didalam novel ini di ceritakan tentang perjalanan menuju puncak gunung tertinggi di pulau Jawa yaitu Mahameru, sehingga bisa memberikan informasi kepada para pembaca bagaimana situasi dalam perjalanan menuju puncak dan bagaimana keindahan gunung tersebut. Serta motivasi kepada para pembaca untuk mencintai alam khususnya di Indonesia.

KEKURANGAN NOVEL :

Cerita akhir novel ini terasa begitu dipaksakan dengan pembentukan keluarga antara sahabat-sahabat tersebut ditambah dengan keturunan mereka yang begitu sama mewarisi sifat-sifat orangtuanya.

0 komentar:

Poskan Komentar