Senin, 21 Januari 2013

AKIBAT BANJIR


Sejak beberapa hari kemarin hujan terus menerus mengguyur ibu kota Jakarta, tidak hanya Jakarta melainkan sebagian besar wilayah Indonesia. Hujan terus menerus dengan curah hujan yang cukup tinggi membuat sebagian wilayah Indonesia banjir.
Banjir juga disebabkan oleh tersumbatnya aliran sungai oleh tumpukan sampah, sehingga air tidak dapat mengalir. Selain itu banjir juga disebabkan karena tidak adanya saluran air, serta gorong-gorong yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Banjir berdampak buruk bagi seluruh warga, khususnya warga Jakarta. Hampir seluruh jalan di ibukota banjir, pemukiman warga juga terendam banjir hingga mencapai 300cm. Kawasan Sudirman dan MH.Thamrin yang menjadi pusat kegiatan perkantoranpun ikut tergenang air , selain itu patung selamat dating (bundaran HI) yang menjadi icon Jakartapun ikut tergenang air.
Akibat banjir aktifitas wargapun lumpuh, aliran listikpun ikut dipadamkan sehingga membuat aktifitas menjadi benar benar lumpuh. Karena listrik padam, orang menyalakan lilin untuk penerangan, akibat kecerobohan warga lilin tersebut dapat menyebabkan kebakaran. Selain itu kebakaran juga dapat disebabkan adanya hubungan arus pendek atau korsleting karena adanya aliran listrik yang terkena air.

Banjir tidak hanya berdampak buruk bagi warga,banjir juga berdampak positif bagi sebagian warga. Sebagian warga khususnya pemulung dapat mengambil keuntungan dari adanya banjir, karena dia dapat mengumpulkan sampah yang terbawa arus atau barang warga yang hanyut kemudian dijualnya. Selain itu sebagian warga juga ada yang memancing ikan, karena banyaknya tambak warga yang hanyut terbawa air.

0 komentar:

Posting Komentar