BERBELANJA ONLINE
MENGGUNAKAN WEBSITE SHOPPING CHART
LAPORAN PENULISAN ILMIAH
Program Studi Sistem Informasi
Nama : Fransiska Yolanda
NPM : 12110879
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2013
KATA
PENGANTAR
Diawali dengan rasa syukur
kepada Tuhan YME yang telah memberikan kekuatan, ramat dan karunia kepada
penulis untuk menuangkan pikiran dalam suatu laporan penulisan ilmiah yang
berjudul “Berbelanja Online Menggunakan Shopping Cart”.
Penulis berterimakasih
kepada dosen dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam pembuatan
laporan penulisan ilmiah ini sehingga tersusunlah laporan penulisan ilmiah ini.
Tujuan dari penulisan ini
yaitu untuk memenuhi persyaratan mencapai
kelulusan
diploma tiga, pada program studi
Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma.
Penulis sadar bahwa masih
banyak kekurangan isi makalah ini, maka saran, pendapat, serta kritik membangun
dari semua pihak akan penulis terima dengan senang hati. Semoga tulisan ini
bermanfaat dalam menambah dan memperluas wawasan kita dalam dunia informatika.
Jakarta,
21 Januari 2013
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………... i
DAFTAR ISI.……………………………………………………. ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang….....……………………………………… 1
1.2 Identifikasi
Masalah…………………………………….. 1
1.3 Rumusan
Masalah..…………………………………….. 2
1.4 Tujuan..…………………………………………………... 2
1.5 Manfaat
Penulisan Ilmiah………………………………. 2
BAB
II LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian
Shopping Cart……………………………. 3
2.2 Ciri-ciri Shopping Cart.……………………………….. 3
2.3 Berbelanja
dengan Menggunakan Sopping Cart…… 4
2.4 Kelebihan
Berbelanja Menggunakan Shopping Cart.. 6
2.5 Kelebihan
dan Kekurangan Berbelanja Online……… 6
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan…………………………………………….. 8
3.2 Saran...………………………………………………… 8
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Seiring
dengan berjalannya waktu, kebutuhan manusia semakin meningkat dan perkembangan
teknologi semakin lama semakin pesat. Semua orang ingin melalukan aktifitasnya
dengan cepat tanpa ada satu halpun yang terlewatkan dari semua aktifitasnya.
Hal itu
membuat manusia berpikir bagaimana caranya untuk terus berkembang dan
menciptakan inovasi baru untuk mempermudah semua aktifitas, salah satu inovasi
tersebut diantaranya internet. Saat ini, hampir semua aktifitas menggunakan
internet, dengan menggunakan internet semua hal akan lebih mudah dan efisien. Semua
kalangan menggunakkan internet mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, baik
laki-laki maupun wanita.
Internet
tidak hanya sebagai media untuk bersosialisasi dan mencari informasi, saat ini
internet dimanfaatkan oleh para wirausaha untuk menawarkan dagangannya baik
barang maupun jasa secara online atau sering disebut dengan e-commerce. Untuk
mempermudah bertransaksi dalam internet maka digunakanlah shopping cart.
1.2
Identifikasi Masalah
Belum
terbiasanya orang orang menggunakan media internet untuk berbelanja secara
online. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah
keterbatasan wawasan mengenai internet atau lebih sering disebut dengan gaptek.
Pada web ini akan membahas bagaimana cara berbelanja menggunakan shopping cart.
1.3
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah
dapat diperoleh rumusan masalah yaitu :
a.
Pengertian Shopping Cart.
b.
Ciri-ciri Shopping Cart.
c.
Berbelanja dengan menggunakkan Shopping Cart.
d.
Kelebihan berbelanja menggunakan Shopping
Cart
e.
Kelebihan dan kekurangan berbelaja online.
1.4
Tujuan
Tujuan
dari penulisan tugas ini adalah untuk mengembangkan kreativitas dan wawasan
penulis, serta untuk mengenal website Shopping Cart agar mempermudah pemasaran
dan mempermudah konsumen untuk memesan barang yang diinginkan secara online.
1.5
Manfaat Penulisan ilmiah
Manfaat
dari penulisan ilmiah ini adalah, orang orang yang pada awalnya tidak suka
berbelanja online dengan alasan ribet, menjadi suka berbelanja online karena
pada penulisan ilmiah ini terdapat tata cara bagaimana berbelanja online.
BAB II
LANDASAN
TEORI
2.1
Pengertian Shopping Cart
Shopping
cart adalah sebuah keranjang belanja maya (virtual) yang memperkenankan pembeli
untuk memilih beberapa item dalam sebuah toko pada web dan kemudian
memasukkannya kedalam keranjang tersebut.
Setelah
selesai berbelanja di toko, pembeli dapat memeriksa barang yang ada pada
keranjang yang biasanya tampak sebagi sebuah daftar yang menyertakan harga dan
jumlah barangnya.
Jika
pembeli telah selesai memilihnya, dan kemudian ingin mengganti sebuah item yang
telah dipilih dengan item lain, maka keranjang maya akan dengan mudah diberi
tanda cek dan hanya mengklik button delete sehingga tanda cek akan terhapus.
Proses selanjutnya adalah membayar form pembayaran online untuk membeli
item-item yang telah dipilih. Penggunaan shopping cart terdapat dalam situs
yang menampilkan logo shopping cart.
2.2
Ciri-ciri
Shopping Cart
a.
Katalog online yang dipisah-pisahkan
berdasarkan kategori agar dapat browsing dengan mudah.
b.
Web control panel yang memperbolehkan anda
untuk memasukkan, mengoreksi, menghapus item-item yang terdapat dalam katalog
dan melakukan koreksi terhadap katalog. Juga melakukan perubahan terhadap
e-mail yang anda terima dari customer anda dan perubahan terhadap halaman
shopping cart tersebut. Bahkan melakukan kalkulasi biaya.
c.
Seorang customer dapat mencari katalog dengan
menggunakan kata kunci yang spesifik.
d.
Pada halaman katalog terdapat gambar dari
masing-masing produk yang ditawarkan (jika ingin ditambahkan).
e.
Informasi kredit card yang diterima melalui
jaringan yang diterima melalui server yang aman (software socket layer / SSL).
f.
Smartstore shopping cart membuat tiap-tiap
katalog yang ditampilkan pada halaman tampak dinamis. Dan juga dapat
dikonfigurasikan untuk link dengan shopping cart sejenis.
2.3
Berbelanja
dengan menggunakkan Shopping Cart
Metode berbelanja dengan menggunakan Shopping
Chart memudahkan pembeli untuk melakukan aktivitas berbelanja di dunia maya
(internet). Berikut ini adalah contoh cara berbelanja di sebuah website www.multiply.com
1. Cari
barang yang Anda inginkan di Marketplace/Pasar, atau kunjungi toko online-nya
langsung jika Anda sudah mengetahui alamat/user id-nya.
2.
Ketika Anda tertarik dengan suatu produk,
Anda akan melihat tombol “Beli Sekarang” atau "Tanya Penjual”.
3. Setelah
Anda klik tombol Beli Sekarang atau Tanya Penjual, Anda akan dibawa ke halaman
Keranjang Belanja. Jika sudah memasukkan produk ke Keranjang Belanja, Anda
diberikan dua tombol pilihan apakah ingin Lanjutkan Belanja atau Selesai
Belanja dan membayar.
2.4
Kelebihan
Berbelanja Menggunakan Shopping Cart
a. Mudah mengatur produk dalam jumlah yang
besar.
b. Pembeli lebih nyaman memilih produk yang
dijual menggunakan media internet.
c. Anda akan terlihat sebagai orang yang
professional dalam menjual produk di internet.
d. Akan meningkatkan penjualan, karena cara
pembelian yang sangatlah mudah
e. Bebas untuk menjual apa saja di dalam online
shop anda.
f.
Pembeli
dapat melihat testimoni dan rating orang lain yang telah mebeli produk di
online shop tersebut.
g. Stok barang mudah dipantau
2.5
Kelebihan
dan Kekurangan Berbelaja Online
Kelebihan
berbelanja online:
a.
Tidak ada keterikatan waktu dan tempat,
terutama bagi anda orang yang sibuk sehingga tidak sempat berbelanja dengan
mendatangi ke toko.
b.
Banyak pilihan toko online yang menyediakan ragam
produk yang anda inginkan.
c.
Menghemat waktu dan tenaga, anda tidak perlu
berkeliling mal atau toko, anda cukup meluangkan waktu sebentar dengan membuka
internet dan tentu saja anda akan terhindar dari kemacetan jalan raya.
d.
Anda dapat membandingkan produk dan harga
dengan toko online lainnya, sehingga lebih banyak pilihan.
e.
Proses belanja yang mudah, cukup memesan
barang, dan pembayaran biasanya dapat melalui internet/mobile banking atau ATM
dan tinggal menunggu barang dikirim.
Kekurangan
berbelanja online :
a. Sering
terjadi penipuan barang tidak dikirim setelah dilakukan pembayaran.
b. Fisik
dan kualitas barang tidak sesuai dengan yang diharapkan, karena kita hanya
dapat melihat melalui foto yang ada di website.
c. Dikenakan
biaya transportasi, sehingga ada biaya tambahan.
d. Tidak
dapat melihat dan mencoba secara barang yang dipesan.
e. Butuh
waktu agar barang sampai ditempat anda karena proses pengiriman.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Shopping cart adalah sebuah keranjang belanja
maya (virtual) yang memperkenankan pembeli untuk memilih beberapa item dalam
sebuah toko pada web dan kemudian memasukkannya kedalam keranjang tersebut.
Dalam
berbelanja online memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus kita
pertimbangkan agar kita mendapatkan kepuasan dalam berbelanja.
3.2. Saran
Agar kita dapat dengan mudah mempelajari mengenai
Shopping Chart sebaiknya kita
memperbanyak pemahaman tentang Shopping Chart, mengaplikasikan keahlian
sebagai tambahan ilmu dalam praktek pendidikan yang di jalani, pembahasan ini
menjadikan individu tahu akan
pengetahuan belajar tentang Shopping Cart.
DAFTAR
PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar