Rabu, 28 Desember 2011

MATA

Manusia merupakan makhluk tuhan yang paling sempurna, karena manusia dibekali dengan akal pikiran dan lima indera. Indera tersebut berfungsi untuk menerima rangsangan dari luar, indera tersebut diantaranya adalah telinga, hidung, kulit, lidah dan mata.

Telinga yang berfungsi untuk mendengar suara yang berasal dari luar tubuh kita, telinga juga berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh kita. Hidung untuk mencium atau mengenali lingkungan dengan aroma yang dihasilkan oleh suatu benda, entah itu aroma wangi ataupun aroma busuk. Kulit untuk meraba, serta dapat menerima rangsangan seperti suhu dan sentuhan. Lidah merupakan indera pengecap dan dapat merasakan rasa mais, asam, asin dan pahit. Serta mata yang berguna untuk melihat benda benda disekitar kita.

Karena indera tersebut ada lima oleh sebab itu disebut dengan panca indera, dan diantara kelima indera tersebut, indera yang paling utama adalah mata. Karena dengan mata kita dapat melihat lingkungan sekitar kita, melihat indahnya dunia ini, tidak bisa kita bayangkan jika kita tidak dapat melihat seperti orang buta yang dalam cahaya apapun tetap gelap (hitam), kita tidak dapat melihat wajah kita sendiri, wajah orang tua kita, teman teman kita, alam sekitar kita dan lain lain.


Oleh sebab itulah kita harus tetap bersyukur dengan apa yang telah diberikan oleh tukan kepada kita. Dan bagi yang memiliki indera tidak lengkap (kekurangan) jangan berkecil hati. Karena tuhan adil, dibalik kekurangan kita pasti tuhan memberikan kita kelebihan.

0 komentar:

Posting Komentar